My Fulbright Journey - Part 7



Undangan Pre-Departure Orientation (PDO) yang sangat kunantikan itu datang pada bulan May! Kenapa sangat dinantikan? Karena PDO adalah kesempatan untuk bertemu langsung dengan teman-teman yang sebelumnya cuma kita kenal lewat social media (biasanya disetiap angkatan ada yang berinisiatif buat akun grup di social media seperti Whatsapp atau Facebook) ataupun bertemu lagi dengan kawan-kawan yang sebelumnya dikenal pas tes TOEFL iBT dan/atau GRE. Selain itu ditahap ini semuanya jadi semakin real aja. We are getting closer to our goal! :D

Tahun 2015, PDO diadakan di Kota Yogyakarta, tepatnya di Hotel Melia Purosani yang juga merupakan akomodasi para peserta. Hotel bintang 5 booo....! Selain flight ticket, AMINEF juga akan mengirimkan jadwal kegiatan PDO. Salah satunya adalah malam budaya, dimana dress codenya adalah baju tradisional daerah masing-masing. Ini nih yang aku suka. Dengan sigap, ibu saya membantu mencarikan baju bodo - baju tradisional Makassar - untukku. Yang tradisional, bukan yang udah moderen. Warna bajunya pun aku sesuaikan dengan warna Iowa State University. Cardinal and gold!



Tulolonna Sulawesi
Selain bertemu teman-teman penerima beasiswa Fulbright (program S2, S3, post-doc, dll), disini kami juga dibekali dengan informasi penting terkait hak dan kewajiban sebagai Fulbrighter, proses adaptasi di U.S., dunia akademik di U.S., serta sesi-sesi berbagi ilmu dari former Fulbrighters seperti ibu Rektor UGM.


Fulbrighters berpose bersama Ibu Rektor UGM dan Executive Director AMINEF
Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan bagi para pembaca yang akan mengikuti PDO. Pertama, review-lah dokumen-dokumen Anda. Dokumen apa sajakah itu? Yang saya maksud dokumen disini adalah: (1) Terms of Appointment and Special Instruction yang telah Anda tandatangani dan (2) Letter of Acceptance dan lampirannya dari universitas yang akan Anda tuju. Pahamilah baik-baik apa yang tercantum pada kedua dokumen tersebut, dan jika ada yang kurang Anda pahami, catatlah pertanyaan-pertanyaan tersebut dan tanyakan ketika PDO nanti. Selain itu, tanyakanlah pertanyaan-pertanyaan lainnya yang Anda miliki. Pokoknya tanyakan sampai semuanya sejelas mungkin. Jangan sampai karena Anda malas bertanya, Anda mengalami kejadian yang tidak disangka-sangka yang dapat menghambat studi Anda di U.S.

Selain itu, pastikan Anda bersosialisasi dengan para Fulbrighter dari U.S. yang akan mengajar di Indonesia. Bertanyalah mengenai kehidupan akademik maupun sosial di U.S. Kalian pasti akan mendapatkan informasi berharga dari mereka yang tinggal di U.S. Begitu pula sebaliknya, mereka pasti akan sangat berterima kasih jika Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka terkait kehidupan di Indonesia.

Other than that, enjoy your PDO! Take a lot of pictures, go out with your friends, and make good memories together. Teman-teman angkatan Anda lah yang akan menjadi tempat curhat Anda dan juga travel buddies selama berada di U.S.!  

Trio Makassar, Siap Mengguncang Tanah Amerika

Fulbright Students and Scholars 2015
_________________________________________________________________________
Disclaimer: This blog is not an official U.S. Department of State blog, all views and information presented here regarding the Fulbright Program are the author's own and does not represent the Fulbright Program nor the U.S. Department of State.

No comments