Pengalaman Pertama Mengikuti Tes TOEFL iBT

[Image Source: http://www.serkanburakkocoglu.com/toefl-ibt-listening-practice-tests/]


Halo halo haloooo!
Wah, wah, blog saya banyak amat debunya~ Bukannya tidak ada waktu, tetapi takut ngeposting tulisan yang gak penting-penting amat alias nyampah (which I have considered a few times. Haha). I have always admired people who have blogs and manage to post regularly, PLUS actually post something that are interesting and/or inspirational. 

Sekarang saya punya alasan yang bagus untuk kembali menulis. Yup! Sesuai dengan judulnya, saya akan berbagi pengalaman mengikuti tes TOEFL iBT. Mungkin ada yang bertanya, kok saya ngambil TOEFL iBT lagi yah, padahal kan udah ada IELTS. Pertanyaan tersebut akan saya jawab di post yang lain. Hehe. 

Saya dijadwalkan mengambil tes TOEFL iBT pada tanggal 11 Oktober 2014. Bodohnya, sebenarnya saya sudah tau bahwa saya harus ngambil tes ini dari satu bulan sebelumnya. Tapi karena satu dan lain hal (prokrastinasi prokrastinasi prokrastinasi) saya malah santai-santai saja (cuma beli buku Barron's TOEFL iBT yang kemudian tergeletak manis di meja belajar) sampai pada akhirnya datanglah sebuah email yang menginformasikan bahwa dalam waktu 2 minggu lagi saya akan ikut tes TOEFL iBT di Makassar. Uwoooo, paniknya minta ampun. Ditambah lagi seminggu setelah tes TOEFL iBT saya kembali dijadwalkan untuk tes GRE. Tak lupa pula tanggal 5 Oktober saya harus berangkat ke Solo untuk ikut TEFLIN Conference yang amat sangat tidak mungkin saya batalkan karena sudah dijadwalkan sejak awal tahun 2014 dan sudah dibayarin penuh plus hotel dan tiket PP Garuda oleh dosen sekaligus atasan saya tercinta Almarhumah Mam Etty... (R.I.P 25 November 2014). And guess what, saya jadwalnya balik tanggal 10 Oktober...

Saya langsung kayak gini:


Tapi sudahlah, aku pikir, I cannot backdown. Jadi kuambil buku Barron's TOEFL iBT-ku lalu membuat strategi sebagai berikut: Saya pakai waktu 1 minggu untuk izin dari kantor lalu setiap hari belajar intensive di rumah sebelum ke Solo. Lalu sesampainya di Solo, setiap malam di hotel saya akan belajar untuk iBT dan GRE. Nekat.

Tidak seperti IELTS yang persiapannya 3 bulan, persiapan TOEFL iBT hanya kurang lebih 2 minggu, dan betul-betul sangat terbantu hanya karena saya kebetulan dapat link yang amat sangat membantu untuk bagian Speaking dan Writing. Ditambah dengan simulasi tes TOEFL iBT gratis yang disediakan oleh pembuat tesnya sendiri yaitu ETS, serta list pertanyaan-pertanyaan Writing yang juga disediakan oleh ETS. Berikut adalah link-linknya:





Oh ya, beginilah penampakan buku Barron's TOEFL iBT yang saya gunakan:

[Image Source: https://magoosh.com/toefl/2014/barrons-toefl-ibt-book-review/]
Dapatnya di Gramedia dengan harga awal 500-an ribu rupiah. Tapi karena itu buku satu-satunya yang tersisa dan sudah lecek trus ada beberapa halaman yang agak robek, so I asked for a discount. Haha. Nawar di toko buku! Waktu itu memang lagi nabung buat beli buku di tempat conference, tapi buku ini tetap harus kebeli, soalnya berdasarkan pengalaman menggunakan Barron's IELTS memang Barron's tips-tipsnya bagus dan jitu gitu deh. Ternyata, saya dikasi diskon 10%. Untung nanya, akhirnya waktu itu saya 'hanya' bayar 400-an ribu. Malu bertanya, gak dapat diskon. Hehe.

Dengan waktu persiapan yang amat sempit, saya mempasrahkan diri untuk bagian Listening dan Reading. Saya cuma membaca semua strategi Listening dan Reading yang ditawarkan Barron's lalu mengerjakan semua model test di dalam bukunya. Ketika latihan Listening maupun Reading, kesalahan yang saya buat maksimal 10 soal. Lumayan pikirku, setidaknya bisa dapat 25, klo gak salah. Oh ya, untuk soal Listening dan Reading, jumlah soal yang peserta kerjakan bisa berbeda-beda. Tergantung apakah dia mendapatkan Short or Long Format. Untuk detil lebih lanjut, semua dikupas tuntas di Barron's TOEFL iBT dengan cara yang mudah dipahami (Sumpah, Barron's seharusnya gaji saya buat promosi lol).

Speaking dan Writing lain lagi. Sangat berbeda dengan IELTS. Saya paling gak pede dengan 2 bagian ini. Tapi link yang saya temukan membantu karena saya bisa hafal template atau kerangka Speaking maupun Writing sebelumnya. Jadi strategi saya adalah, hafal templatenya, lalu ketika petunjuknya diperlihatkan tulislah templatenya di kertas cakaran yang telah disediakan. Kalau gak ngerti apa template itu, maksudnya adalah kata-kata baku yang dapat digunakan untuk memudahkan kita mengungkapkan ide. Pokoknya kata-kata yang sebaiknya kita gunakan untuk merespon soal tertentu. 

Contoh, saya selalu menggunakan kata-kata berikut untuk menjadi pembuka dalam Writing Task 2 saya:

Both the reading passage and the lecture discusses (TOPIC). The author of the reading passage argues that ...... On the other hand, the lecturer believes that .... (and so on).

Silahkan buka link-link di atas untuk mengetahui lebih lanjut (=^・ω・^)y=

Strategi (a.k.a tips dan trik) tak akan berguna bila hanya diketahui dan dihafal, tetapi sangat perlu diterapkan. Jadi rajin-rajinlah latihan, yeah yeah, I know 'practice makes perfect' sounds so cliché, but it is so true! Semakin sering latihan, setidaknya menambah kosa kata kita. Saya pribadi merasa dengan latihan, saya bisa menemukan dan menuliskan ide saya dengan lebih cepat.

Nah, untuk pendaftaran tes TOEFL iBT sendiri saya kurang paham karena didaftarkan. Tapi saya rasa pihak yang akan menyelenggarakan TOEFL iBT dapat membantumu untuk mendaftar. Di Makassar sendiri hanya Alfalink yang berada di Jl. Merpati-lah penyelenggara TOEFL iBT resmi di Makassar. Biayanya? USD 180, atau sekitar IDR 2 jutaan. Mahal...

Hari penyelenggaraan tes saya datang sejam sebelum waktunya untuk menghindari macet. Ketika masuk, yang pertama kali kita lakukan adalah menandatangani semacam statement bahwa kita tidak akan membocorkan soal dalam bentuk maupun cara apapun. Lalu identitas kita dicek (saya pakai paspor) dan kitapun dipersilahkan masuk ruangan tes. Tapi kita nggak langsung tes. Masih ada proses pengambilan foto melalui webcam yang akan dilakukan oleh staf, lalu foto kita akan muncul pada satu komputer dari beberapa komputer yang ada. Itulah komputer kita untuk melakukan tes. Selanjutnya kita duduk dan mengenakan headset. IMPORTANT: Gunakanlah headsetnya sepanjang waktu. Takutnya kamu melewatkan soal yang diucapkan tetapi tidak tertulis, atau seperti kasus temanku, dia lupa klo Writing Task 1 itu ada listeningnya. Alhasil, setengah bagian listening terlewatkan (ꀹʚ ꀹ) Saya sangat sarankan setidaknya mencoba simulasi TOEFL iBT (link disediakan di atas) agar tidak merasa canggung dengan layout serta option-option pada software testnya.

Jadi sebelum memulai tes, peserta diberikan beberapa lembar kertas dan pensil. Tes pertama adalah Reading, lalu diikuti dengan Listening. Kemudian ada break 10 menit. Kalau nggak mau break, bisa langsung memilihi opsi "Next" untuk lanjut ke Speaking dan akhirnya Writing. Tapi sebaiknya sih istirahat saja. Gunakanlah untuk ke toilet atau minum, atau bahkan hanya untuk merenggangkan badan. Tes ini akan berlangsung selama kurang lebih 4 jam loh! Senyaman apapun tempat dudukmu, mata dan badan pasti akan lelah bila bertahan pada satu posisi selama itu.

Setelah sesi writing, Anda tidak usah menunggu peserta lain untuk selesai. Ya, kemungkinan besar peserta yang lain ada yang selesai sebelum Anda, atau malah masih sibuk mengerjakan soal ketika Anda selesai. Hal ini disebabkan karena Anda diberikan kemampuan untuk melompati bagian intro setiap test. Tapi saya sarankan agar mendengarkan/membaca saja semua petunjuk yang diberikan. Kecepatan setiap peserta untuk menjawab juga sangat mempengaruhi kecepatan seseorang menyelesaikan testnya. Tetapi setelah timernya habis, software test akan dengan otomatis menutup tesnya. So, rajin-rajinlah melirik timer di layar komputer Anda!

Hasil tes Anda akan keluar 10 hari setelah hari tes. Hasil tes tersebut dapat dilihat online di https://toefl-registration.ets.org/TOEFLWeb/extISERLogonPrompt.do

Berikut adalah hasil TOEFL test saya :'>





117/120! Cihuuyy~

If you have any questions regarding the test or what I did to prepare for it, feel free to comment below! :D





106 comments

  1. Hi Ananda, waah keren sekali bisa dapat skor 117! Selamat ya!

    Kalau boleh berbagi info, untuk rekan-rekan lainnya yang mungkin berminat: teman-teman bisa berlatih menghadapi TOEFL iBT dengan cara mengikuti tes prediksi / simulasi / try-out TOEFL online di ProfTOEFL.

    Kamu bisa dapat tes prediksi TOEFL iBT gratis, beserta skor, identifikasi kelemahan dan saran untuk meningkatkan skormu. Caranya: http://proftoefl.com/mau-tes-prediksi-tryout-tes-toefl-online-gratis/

    Good luck!

    ReplyDelete
  2. Wah mba kerenn..
    Sy td bru aja ikut toefl ibt tanpa ada persiapan sedikitpun, pengen liat berapa nilai ny nanti hahaha
    Ohya boleh share email ga mba? Mau tanya2 nih. Mba penerima beasiswa fulbright kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fairus! Wahh kok bisa ikut TOEFL iBT tanpa persiapan? Kan mahal gitu.. Hehe. Silahkan di email di ananda_astrini@yahoo.com ya...
      Iya, saya dapatnya Fulbright :)

      Delete
  3. Wah hebat mba, selamat ya, nilai TOEFL iBT dan IELTS nya keren banget..
    Btw, bedanya apa ya mba TOEFL iBT dan IELTS?
    Kalau mau apply studi ke Netherlands, US atau Ausie bagusnya ambil yang mana ya mba?
    Thanks before mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ^.^ Bedanya ya itu dari segi konten tesnya. Untuk apply beasiswa mereka akan cantumkan apa yg merekan inginkan. Tapi kalau langsung daftar universitas harus tanya langsung ke universitasnya. Untuk menghindari kamu mengambil tes yang salah. Sayang kan uangnya

      Delete
  4. Keren skl mb bs dpt toefl ibt nyaris smpurna hnya belajar 2 mggu n lanjut beasiswa fullbright.. yg menarik bg sy adalah, bgmn dampak/hasilnya skrg? Apa posisi/profesi mb skrng, brp banyak hal tsb berpengaruh thd jumlah kekayaan mb skrg, apa dampaknya utk masyarakat d skitar mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dampaknya mengambil tes TOEFL iBT ya? Hmm.. Saya sekarang bisa melanjutkan S2 di US dengan beasiswa yang tentunya tak mampu saya lakukan dengan mengandalkan biaya sendiri. Setelah mendapatkan hasil tes TOEFL iBT saya diminta jadi pengajar TOEFL iBT yang masih jarang di Makassar. Alhamdulillah bayarannya pun cukup bagus, saya sempat menabung untuk bawa uang sendiri ke US walaupun setelah ditukar ke USD jadinya gak banyak juga.... Hehehe. Untuk dampaknya ke masyarakat disekitar saya yah belum luas ya, tapi minimal saya bisa ngajar teman2 saya dan berbagi tips secara gratis :)
      Kalau dampak beasiswa Fulbright karena saya masih kuliah dengan beasiswa Fulbright mungkin: (1) bisa berbagi tentang budaya Indonesia secara langsung dengan orang asing, (2) bisa berbagi cerita pengalaman kuliah di luar negeri lewat blog, (3) dampak bagi saya itu bisa mendapatkan ilmu yang lebih 'mendalam' mengenai pengajaran bahasa Inggris beserta spesialisasi2nya yang keren.. masih banyak lagi sih sebenarnya, tapi karena saya baru mau kuliah (hari senin perkuliahan baru dimulai di kampus saya) saya yakin masih banyak manfaat yang dapat saya peroleh bagi diri saya pribadi dan untuk orang2 lain!

      Delete
  5. Replies
    1. Haloo, emailnya udah saya balas ya? Maafkan ya kalau belum. Saya baru saja melewati satu semester perkuliahan di US. Maklum ya, saya ngos2an belajar dan kerja tugas. Hehehe.

      Delete
  6. Wah mbak jadi termotivasi jugaaak. Saya boleh email ke mbak yaa :)

    ReplyDelete
  7. Wah mbak jadi termotivasi jugaaak. Saya boleh email ke mbak yaa :)

    ReplyDelete
  8. Wah mbak jadi termotivasi jugaaak. Saya boleh email ke mbak yaa :)

    ReplyDelete
  9. Halo Mbak..
    Share experience Mbak mengedukasi dan inspiring banget. Thankyou :)

    Untuk bagian speaking, bagaimana cara melatih agar pelafalan bisa jelas dan benar ya Mbak?

    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jesica!
      Maafkan saya baru balas! Saya baru saja melewati satu semester perkuliahan di US. Maklum ya, saya ngos2an belajar dan kerja tugas. Hehehe.
      Saya sih suka dengar cara pelafalan native terus ditiru gitu. Tapi secara garis besar ya, bukan aksen yang nilainya tinggi. Pokoknya kamu pelan-pelan aja bicara. Tenang aja. Itu mempengaruhi banget lo. Cepat bicara gak berarti nilainya tinggi :)

      Semangat!

      Delete
  10. hai ananda
    dulu background kuliahmu apa? bahasa inggris kah?
    dan pernah kursus English dimana ?
    kok pinter amat :)
    aku pengen tes ielts juga, tapi ga pede

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi doena! Passion saya emang bahasa Inggris sih, jadi saya memang meluangkan banyak waktu untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris saya. Waktu smp pernah les di EF selama 3 bulan, tapi kemahalan jadi aku berhenti. Hehehe. Pokoknya kalo passion ya, gak kerasa berat kok. Makanya sering2 latihan IELTS supaya pede :) Ayo, yang semangat dong! Semangaat!!!

      Delete
    2. Oh ya, s1ku emang English language and literature :)

      Delete
  11. waah hebat mbakk, tapi aku yakin walaupun mbak gag belajar 2 minggu buat Toefl ibt, ttep aja nilainya udah bagus, emng dasarnya mbk udah pinter.
    Aku rencananya mau ambil AAS mbak soalnya kakak q dah di UNSW dah mau lulus master, kemaren aku dah ikut test IELTS tpi hsilnya tidak sesuai harapan, Hikz Hikz, gra2 skrng dah kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinternya gak tanpa usaha loh. Hahahahahaa. Aku ditolak AAS udah tiga kali, karena emang belum rejeki. Hehe. Semangaat! Kamu coba beasiswa yang lain juga deh. Eh, aq dulu belajar IELTS sambil kerja juga loh. Kamu harus pintar2 bagi waktu aja...

      Delete
  12. Share yang menarik. Semoga bisa jadi motivasi buat kami semua. Terimakasih mba

    ReplyDelete
  13. Naaaaan! Ih keren banget sih iBT kamu 117! SALUT Paraaaah! Aku harus retake iBT nih buat OSU, aku msh tunggu decision dari yang lain. But if I really wanna take OSU, I need to retake my iBT.. Terus aku baca blog kamu yang ini deh :)))

    ReplyDelete
  14. Mba kalo mo ambil kursus ibt yg agak murah d makassar dmn ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya di Makassar belum ada kursus TOEFL iBT selain di Interlink di Jl. Veteran.

      Delete
  15. Halo mbak, aku masih bingung nih berarti TOEFL iBT angkanya beda ya dengan TOEFL yg lain? I mean, biasanya requirement yg sering aku liat itu, say minimum TOEFL 550. Tapi kenapa mbak 117/120 ya? Could you please explain it? Thanks in advance dan semoga lancar ya mbak kuliahnya di sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ghina, sejauh ini setau saya ada 2 macam TOEFL: IBT dan PBT. Yang kamu maksud itu PBT atau Paper Based Test yang scoringnya maksimal 677. Saya lupa minimum scorenya. Klo IBT adalah internet based test yang bagian-bagiannya berbeda jauh dengan PBT karena juga mencakup writing, dan speaking. Di Indonesia, PBT lebih sering digunakan untuk tahapan awal beasiswa, mendaftar kampus dalam negeri, kerja, naik jabatan, dll. Semoga menjawab pertanyaanmu ya.

      Delete
  16. Assalammualaikum mba, mba apa kita perlu punya relasi ngajarin speaking buat mantapin nilai di speaking. Dari mba sendiri tips buat speakingnya gimana mba? Apa mba ngikutin semua saran di BARRON'S ? Makasih mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, maaf baru sempat balas ya. Sebaiknya ada teman yang bisa diajak berbahasa Inggris sih. Mungkin kamu bisa ikut klub bahasa Inggris atau semacamnya. Aku nggak ngikutin semua saran di Barron's juga sih, aku sesuaikan dengan apa yang aku pikir terdengar lebih baik. Tapi memang tips yang ditawarkan Barron's cukup memudahkan.

      Delete
  17. thank you mba ananda.
    Infonya sangat bermanfaat. Saya rencana mau test toefl ibt dalam dalam beberapa bulan ini, dan ga ada gambaran sama sekali gmn toefl ibt itu. pernahnya ikut tes toefl pbt dan ielts. doakan biar dapet score kece seperti mba ya.

    sukses buat studinya di amrik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru sempat balas. Terima kasih sudah mengunjungi blog saya :) Alhamdulillah kalau dapat bermanfaat. Latihan terus aja. Tapi seminggu sebelum tes, kamu banyak istirahat ya.

      Amin dan makasih! Semangat! :D

      Delete
  18. halo mbk salam kkenall..mbk kuliah d us jurusan apa.. mbk dulu aplly beasiswa lewat jlur apa??:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku S1 dulu kuliah bahasa dan sastra Inggris. Sekarang S2 TESL/applied linguistics :)
      Aku sekarang kuliah S2 pakai beasiswa Fulbright. Silahkan baca postingan saya yang lain tentang proses beasiswa Fulbright ya!

      Delete
  19. Halo mba, salam kenal,
    izin bertanya,
    1.untuk toefl ibt, hasil/sertifikat nilainya kita dapet berapa copy ya?
    2.kalo saya mau copy lagi sertifikat nilai toefl ibt, itu prosesnya gimana ya, langsung kontak ets nya kah? kalo boleh tau kira2 prosesnya brapa lama ya?
    3. barangkali mba tau, kalo misalkan hasil toefl ibt kan bisa dikirim langsung ke univ tujuan dr ets nya kalo kita misal mau apply ke luar negri, kalo misal casenya saya ambil tes ibt agustus, terus saya kasih berkas pendaftaran S2 saya bulan oktober karena emang baru bukanya oktober, atau persyaratan ibt saya lebih dulu sampe drpada berkas yg lainnya, itu kira2 gimana ya mba, atau mnding hasil ibtnya bareng aja sama berkas pendaftaran yg lainnya?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Ferdi,

      Maaf ya aku baru sempat balas sekarang. Berikut jawaban saya:
      1). Hasilnya online. Karena saya mendaftar ke universitas lewat Fulbright, nilainya langsung dikirimkan oleh ETS ke institusi yang bersangkutan. Saya kurang tau apakah kita bisa minta sertifikat dalam bentuk fisik.
      2). Untuk toefl IBT boleh minta melalui akun online yang dibuat ketika mendaftar. Kalau tidak salah ingat, ada opsi dimana hasilnya bisa langsung dikirimkan ke institusi yang meminta.
      3). Silahkan menghubungi institusinya langsung. Tapi saya rasa lebih baik mengirimkan hasil IBT berbarengan dengan berkas :)

      Semoga bermanfaat!

      Delete
  20. Nice, good job mbak.. Kira2 boleh tidak, saya tanya2 tentang TOEFL dan beasiswa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kirim email ke ananda_astrini@yahoo.com Zahir :)

      Delete
  21. Hebaaat :)) Mbak sodakohin buku Barron's nya ke saya dong hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, aku bakal pakai buat ngajar klo balik ke Indonesia lagi.. Hehehe...

      Delete
  22. Terima kasih sudah berkunjung ya Yasmin. Semangat!

    ReplyDelete
  23. Info tambahan: Untuk menguasai materi TOEFL, Kunci, Contoh, Praktik, dan lain-lain. Jangan lupa kunjungi
    Soal TOEFL | Belajar Cerdas | Belajar Bahasa Inggris | Cara Menanam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dude, seriously?

      Buat Mbak Ananda, terima kasih banyak postingannya. Jarang dapat panduan praktis seperti ini langsung dari yang sudah membuktikannya.

      Mungkin kalau saya bisa sarankan, patenkan saja metode belajarnya dengan nama "Ananda Method"

      Sekali lagi, terima kasih.

      Delete
    2. Dear 'Unknown' :D

      Syukurlah jika postingan saya bisa membantu! Haha... thank you! I'll think about it ;)

      Delete
  24. oya mba.... bisa tinggi gitu ya TOEFL score nya.
    mantep. trus lama berlaku nya brp lama itu stlah hsil nya keluar?

    ReplyDelete
  25. Dear Ananda,

    I came across your blog while I was browsing through the Internet about the scholarship. I'm so grateful that you shared your Fulbright experiences (in a very detailed way!) and reading all your post gave me a picture of what to expect and to be aware of during the application.

    Aku sendiri berencana apply ke Fulbright Master Degree's Scholarship tahun depan dan setelah baca blog kamu, aku semakin termotivasiiiii hahaha (thank you!). I'd like to ask for your advice, though, sebaiknya aku ngambil tes TOEFL ITP atau iBT? Aku belum pernah ikut tes apapun. Terus apa aku harus ikut kelas persiapan TOEFL untuk mendapat nilai yang bagus? Will self-learning be as effective? Thank you so much!

    Maggie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Maggie,

      So happy that you found my blog informative :)
      Untuk aplikasi yang dibutuhkan TOEFL ITP.
      Menurut saya sih TOEFL ITP sudah cukup. Tapi kalau kamu merasa lebih afdol ngambil iBT silahkan. Hehe. Soalnya nanti kamu tetap bakal disuruh ngambil TOEFL iBT jika lulus wawancara. Lebih bagusnya lagi ambil dua-duanya trus submit yang mana hasilnya lebih tinggi! Hehe.
      Aku self-study kok. Berikut study tips yg aku tulis buat AMINEF, mungkin bisa bermanfaat:
      http://www.aminef.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=149:toefl-ibt-study-tips&catid=9:news-events-cat&Itemid=105

      If you have any other questions, go ahead and email me: ananda_astrini@yahoo.com

      - Nanda

      Delete
  26. Saya memiliki rekomendasi software/aplikasi belajar menguasai materi TOEFL yang bagus dan superlengkap yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Software disusun berdasarkan kunci-kunci gramatikal dalam menjawab soal-soal TOEFL. Penggunaannya mudah, praktis, dan strategis. Nama programnya Genius TOEFL. Silakan dicoba Gan, langsung didownload saja di http://www.geniustoefl.com atau http://www.geniusedukasi.com

    ReplyDelete
  27. Dear, Mrs. Ananda

    Im so grateful for finding your informative blog.
    let me introduce myself first. saya Ardi Wiranata. Dari bogor. sekarang saya sedang menempuh semester 3 (S1 sih hihi) Prodi Ilmu Hukum.
    Jadi gini kak, aku sedang menyusun "ancang-ancang" (I hope you know it haha) . I have a plan for applying Fulbright Scholarship for Master degree Programme. saya mau ambil jurusan Hukum Internasional. Targetnya sih di University Of chicago.... mungkin aku bakal banyak repotin kakak. entah itu dimintai saran, pikiran, kepo2 dll. hihi... Intinya aku pengen kepoin kakak mengenai teknis apply Fulbright Scholarship tersebut. sama cara gimana kta daftar ke Universitas di US sanaaa....
    I hope we could be a partner. If you would mind, I'll ask your contact. terimakasih banyak tulisannya sangan membantu...

    Regards,
    Ardi Wiranata Eraditya Putera
    (Calon Duta Besar Indonesia Untuk Amerika Serikat, Calon Fulbrighter 2020)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ardi,

      Silahkan email saya :) Dengan senang hati saya memberikan saran. Mungkin sebaiknya baca pengalaman saya dengan Fulbright yang sudah saya tulis di blog ini terlebih dahulu. Saya sudah cerita tentang teknis aplikasi Fulbright, semoga membantu. Jika ada yang perlu diperjelas, silahkan email di ananda_astrini@yahoo.com

      Best,
      Nanda

      Delete
  28. HALO nanda apa kabar?

    salut sama kamu dapat nilai bagus.

    saya rencananya mau sekolah di canada, dan setelah konsul sama sekolahnya saya di anjurkan untuk ambil class english dulu, ehh mahal bangat 3000 CAD / 2 months, berhubung IELTS aku jelek overal 6, dan each band nya ada yang 4 & 5 listening karena buyar otak ku waktu test omg. juga aku self studied hanya mengandalkan link dari internet.

    alhasil aku putuskan untuk ikut Toefl IBT, akan test tgl 24 sept ini,
    dengar dengar lebih mudah, eh aku ikutin sarannya ananda untuk self study,dan beli buku Barron tapi karena semua in english kadang bingung juga instruksinya. tp i ll do the best.

    aku sudah baca blog kamu juga, yang mau aku tanyakanadalah kira kira on real test lebih mudah yang IELTS atau TOEFL IBT? saya pilih TOELF ibt karena pake headshet, klu IELTS kadang speakernya ga jelas dan terlalu jauh.

    Boleh minta saran yang lain dunk pls trik trik khusus jika ada tentang cara menjawab listening sepertinya waktunya hannya sedikit waktu menjawab multiple choice on listening part 10menit untuk jawab semua soal multiple choice di Listening dan speaking, sepertinya speaking di IELTS lbh mudah karena ketemu dengan examiner,

    minta sarannya juga dunk, saya juga ragu dengan kemampuan Grammer saya jelek bangat, tadinya planning mau ikut kursus private Toefl IBT krn udah mepet cuman mahal bangat masa bisa sampe 50jt di EF ini mah rmapok namanya. tp di tempat lain juga ada yang lbh murah dari itu, saya private karena status bekerja ga bisa weekday kursusnya.

    Thanks a lot nanda, all the best

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for the extremely late reply! Aku bener2 setres semester 3 karena ngambil 4 kelas bersamaan dengan ngajar hehehe...

      To answer your 'question':
      Aku yakin gak ada yang 'lebih mudah'. Dua-duanya akan 'mudah' jika kita benar-benar mempelajari tesnya dan banyak latihan. Begitupun sebaliknya. Saya pribadi lebih suka sama IELTS karena gak perlu nyatat pas listening, hahaha. Note taking skills saya perlu dipermantap.

      Mungkin ini udah gak kamu butuhin tapi aku kasi aja link ke TOEFL IBT study tips yang aku tulis buat AMINEF:
      http://www.aminef.or.id/toefl-ibt-study-tips/?option=com_content&view=article&id=16&Itemid=136

      Sekali lagi maaf ya balasnya terlambat banget.

      Best of luck,
      Nanda

      Delete
  29. keren bangeett skornya nyaris perfect! saluut!

    ReplyDelete
  30. terima kasih banyak kak :) saya dapat 80 (ini hasil belajar h-2 karena saya gagal manage waktu :") but at least I achieved my target! thanks!

    ReplyDelete
  31. nilainya bagus pakai spesial bgt. ga kebayang gmn prosesnya sampai posisi itu. salam dari solo. NB : respon email saya ya mbk. emailku syamsulivory

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung syamsul! Aku gak ingat ya apa aku udah balas emailmu, tapi aku kayaknya nggak dapat emailnya deh. Coba kirim ulang ke ananda_astrini@yahoo.com

      Maaf ini baru sempat balas karena lagi winter break. Trims!

      Delete
  32. makasih mbak sngat membantu

    rencananya tahun depan mau masuk kuliah, menurut mbak jurusan apa yang cocok agar bisa jadi kaya mbak ??? and untuk mengikuti tes toefel sebaiknya sebelum kuliah atau sesudah kuliah untuk lanjut S2!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, agar seperti saya ya? Ya jurusan TESL/Applied Linguistics. Hehehe...
      Pilih major yang sesuai dengan minat kamu aja :)
      Tentunya kamu harus mempersiapkan sejak dari dini untuk tes TOEFLnya. Soal kapan mengambilnya itu sangat tergantung dengan budget. Kalau memang ada budget untuk mengambil TOEFL sekarang, silahkan. Apabila memang nilainya belum mencukupi dapat diambil lagi. Tapi ya itu, persiapannya harus dari sekarang :)

      Delete
  33. Assalam, mba Nanda baca hasil TOEFL IBT nya sampe merinding keren euy sukses ya utk kuliahnya smoga dimudahkan Allah di US. Saya mau lanjut sekolah mba, nama saya diani saya tinggal di Jakarta. Pengalaman saya harus retake TOEFL IBT sampe 4x baru dapat nilai yang lumayan bagus. Mba boleh tanya, minta saran, nasehat ta untuk perbaikan nilai TOEFL? Happy Winter break ya. Boleh saya email kah dialamt email mba yang tercantum diatas: ananda_astrini@yahoo.com? saya pakainya gmail. Maafkan ganggu dan repotin ya mba sebelumnya. Terima kasih sebelumnya mau sharing ilmu dan pengalaman semoga berkah ilmunya. Salam, diani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,
      Aaamin.. Makasih atas doanya Diani :)
      Untuk TOEFL iBT saya sudah list tips-tipsnya di artikel berikut:
      http://www.aminef.or.id/toefl-ibt-study-tips/?option=com_content&view=article&id=16&Itemid=136

      Evaluasi kekurangannya dimana, supaya bisa memberikan waktu yang lebih untuk fokus ke area yang perlu diperbaiki itu.

      Ini sudah masuk kuliah huhu, last semester! Silahkan email saya di email itu :) Semoga jawaban saya bermanfaat.

      Salam,
      Nanda

      Delete
  34. hi Ananda, super sekali untuk tips Toefl IBT nya. makasih banyak sangat membantu sekali untuk saya latihan and preparing the test. Semoga menjadi jalan pahala untuk kamu. Aamiin....

    ReplyDelete
  35. Kak saya coba buka link yg writing kok nggak bisa ya? Atau ada saran link yg lain? Mohon infonya ya kak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dayu,

      Sepertinya ETS memang men-delete filenya. Jadi saya upload dokumen yang sebelumnya saya download di link yg sama.
      Tetapi kalau ETS men-delete file ini, mungkin saja berarti bentuk soalnya berbeda.

      Semoga bermanfaat ya,
      Nanda

      Delete
  36. Assalamu'alaikum..
    Salam kenal Mba. Saya mau tanya, sy coba cek hrg buku Barron di online shop koq cuma Rp 149.500. Kt mba, mba beli buku itu hrg normalnya 500rb an. Koq bedanya jauh bener ya...? Apa bukunya berbeda? Thanx infonya mba... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,
      Apakah buku Barron's-nya asli? Mungkin itu perbedaannya, karena banyak juga sekarang yg beredar kopian. Perlu berhati-hati. Tapi kalau memang asli alhamdulillah. Hehe. Saya belinya di Gramedia, jadi terjamin.

      Best,
      Ananda

      Delete
  37. Halo kak, saya mau tanya untuk bagian speaking itu apakah testnya face-to-face dengan penilai atau bagaimana ya? Krn saya cm pernah ikut ITP (sudah lama sekali) dan tidak ada bagian speaking

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Silvia,
      Speakingnya ke komputer hehe.. Nanti jawabannya direkam oleh komputernya. TOEFL IBT berbeda dengan ITP, dimana ITP memang tidak ada bagian speakingnya.

      Semoga menjawab,
      Ananda

      Delete
  38. Good luck for your study mbak. Manage waktu itu poin utama yg masih sulit saya perbaiki.
    Thankyou for sharing the useful information

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Thank you Elfrida! Senang saya mendengar tulisan saya dapat bermanfaat :)

      Salam,
      Ananda

      Delete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Halo Kak Nanda,

    Terima kasih buat tulisannya. Sangat bermanfaat dan juga memotivasi. Kak Nanda apa kabar?saya harap dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Saya Faiz Adani kak (Mahasiswa Fakultas Hukum UNHAS 2013), pernah diajar oleh Kak Nanda dalam kelas MKU Bahasa Inggris di Universitas Hasanuddin dulu. Semoga saja Kak Nanda masih ingat, hehehehe. Saya mau nanya kak, apakah untuk pertanyaan yang lebih detail mengenai TOEFL iBT bisa saya tanyakan via email Kak Nanda? Terima kasih kak.

    Sukses dan terus menginspirasi Kak Nanda.
    Assalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Faiz,

      Masih ingat dong hehe. Silahkan email ke ananda_astrini@yahoo.com dek
      Saya tunggu emailnya nah.

      Best,
      Nanda

      Delete
  41. Dear Mba Nanda,

    senang sekali saya menemukan blog ini.
    mau tanya nih mba, kan kalau tidak salah soal reading IBT sekitar 55 an soal, sedangkan skor maksimal yang kita dapatkan di sesi ini 30. apakah ini berarti sebenarnya kita cukup mengerjakan dengan benar 30 soal saja dari total 55 soal tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Putri,

      Cara itungnya nggak kayak gitu hehe. Ada beberapa soal yang nilainya bukan satu poin. Hitungan 'kasarnya' itu adalah jumlah poin benar ditotal dibagi jumlah poin keseluruhan (nilai sempurna) dikali tigapuluh. Sebenarnya aku sendiri kurang yakin apa cara menghitung seperti ini benar, tapi kayaknya lumayan mendekati deh. Intinya adalah kita harus jawab SEMUA soalnya dengan benar untuk dapat nilai 30 itu.

      Semoga bermanfaat,
      Nanda

      Delete
  42. Dear Mba

    Mantaap!
    Mbaa menurut mba lebih gampang mana TOEFL IBT atau IELTS?
    Sy masih bimbang nih mba, kadang mau IBT, kadang mau coba IELTS.
    mohon pencerahannya mba.
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello!

      Silahkan baca jawaban saya untuk pertanyaan anda di link berikut ini:
      http://comatosed-thoughts.blogspot.co.id/2016/07/faq-frequently-asked-questions.html

      Semoga bermanfaat,
      Nanda

      Delete
  43. Hi mbaa..

    Sekarang lagi di Mks nda? Sebenarnya sejak sebelum lebaran kemarin mau nanya (lebih tepatnya, minta tolong), bisa pinjam buku Barron nya nda? Haha
    Bercanda mba 😂
    Mau nanya2 juga nih, tp lewat email boleh?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Saya lanjut kuliah S3 di US lagi :) Silahkan kirimkan pertanyaannya di ananda_astrini@yahoo.com

      Salam,
      Nanda

      Delete
    2. wahh mantap kak. saya udah baca thread kk mengenai test toefl. saya takut kak,persiapan saya kurang bgt. tgl 16 feb 19 saya udah take the test. saya cuma takut di speakingnya aja nih hehehe. mohon doanya ya kak :) salam dari jakarta

      Delete
  44. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  45. Hi kak , boleh nanya ni
    Tes Speaking nya gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Windy,

      Silahkan beli buku persiapan TOEFL iBT untuk mengetahui bagaimana tes speakingnya secara lebih mendetail. Kamu juga bisa menggunakan Google untuk searching. Link-link yg saya posting di post saya juga seharusnya bisa memberikan kamu sedikit gambaran.

      Salam,
      Nanda

      Delete
  46. Thanks Nanda for your sharing experience, I'il askk you from email again Nanda. Regards

    ReplyDelete
  47. mbak mau tanha nih. Batas eaktu berlakunya toefl berapa ya kak ?

    ReplyDelete
  48. Hii i was just wondering, kan aku juga rencana mau toefl ibt nih aku udh liat2 di website ETS sama udah ada tanggal yg pas. Cuman, pas aku liat lokasi cuman di tulis "Jakarta" dan gaada alamat exactnya yg buat aku ragu. Cara kakak tau dimana ngambil testnya gimana yaa? Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Felicia,

      Sayangnya saya kurang tau selain mencari tau di website ETS. Bisa saja di daerahmu tidak ada yg menawarkan tes TOEFL iBT sehingga kamu harus mengambilnya di kota lain. Jika kamu di Makassar, kamu bisa mengambil tesnya di Alfalink.

      Salam,
      Nanda

      Delete
  49. thank you for sharing mbak.. it's very helpful..

    ReplyDelete
  50. Kak gmana sih biar bisa dpt bagus di writing test nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca artikel ini: https://www.aminef.or.id/toefl-ibt-study-tips/

      Delete
  51. Halo Mbak Nanda,

    Boleh minta sarannya untuk tes speaking gimana? Apakah speakingnya sama native speaker atau pakai komputer? Saya agak2 nervous kalo masalah speaking.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Untuk TOEFL iBT speakingnya sama komputer :) Saran2 saya bisa dibaca lebih lanjut di https://www.aminef.or.id/toefl-ibt-study-tips/

      Semoga bermanfaat,
      Ananda

      Delete
  52. ka nanda maaf email aku belum dibales

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya, sy jarang check email. Silahkan email lagi di ananda_astrini@yahoo.com

      Delete
  53. hi kak nanda :D , i hope it's not too late to find your informative blog. hmm btw, would you like to give me an advice which one is good for me to take? i'm a joobseeker and i do need to get certificate of toefl yet i don't know which one is good to take. thanks in advance

    ReplyDelete
  54. Mba, aku baca di Aminef bahwa salah satu trik untuk section Listening adalah take notes. Ini disediakan kertas atau kita nanti nyatet di komputer?

    ReplyDelete
  55. Mba hebat banget, untuk bisa mengerjakan soal harus mengerti semua strukturnya dulu ga mba? Kayak past tense, adverb dll. Saya bego banget inggrisnya huhu tapi syaa butuh toefl ibt. Gimana nih

    ReplyDelete
  56. Hallo kak nanda, ijin bertanya kak apakah buku barron's toefl ibt bisa kita gunakan untuk acuan tes toefl itp??

    ReplyDelete