Proofread Me Project


Dear para pembaca yang budiman,

Berikut adalah informasi yang akan sangat membantu kalian dalam proses pendaftaran beasiswa. Silahkan bagikan informasi penting ini!

****
Dear Calon Penerima Beasiswa,

Awal tahun biasanya teman-teman yang niat daftar beasiswa sudah sibuk mempersiapkan kelengkapan berkas pendaftaran. Selain skore TOEFL/IELTS, surat referensi, essay juga sangat penting sebagai syarat utama diterima sebagai penerima beasiswa. Setiap program biasanya punya istilah tersendiri dalam mengartikan “essay”. Kadang dengan istilah “ Study Objective”, “Personal Statement”, “Motivation Letter” atau bahkan ada yang hanya dengan menjawab beberapa pertanyaan di form aplikasi dengan batasan kata atau karakter tertentu.

Apapun istilahnya intinya para reviewer beasiswa ingin tahu kenapa teman-teman tertarik ikut program tersebut, dari sekian banyak pelamar kenapa anda layak diberi kesempatan ini, apa kaitan program yang teman-teman ingin pelajari dengan pengalaman dan jurusan sebelumnya, dan yang pasti apa dampak/kontribusi anda setelah kembali ke Indonesia. Nah….makanya essay sangat penting untuk merubah status teman-teman dari pelamar (applicants) ke penerima (recipients) beasiswa.

Umumnya essay ditulis dalam Bahasa Inggris yang formal (Academic English). Namun sebagai penutur asing (bukan asli), saya pribadi sangat terkendala dengan pemilihan kosa kata, tata bahasa, prase dan kalimat yang formal. Terkadang sangat sulit menuliskan ide-ide karena hasil akhir dari essay bahasa Inggris tersebut masih kedengaran versi Bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, saya terpanggil memanfaatkan waktu luang dan masa sehat untuk mewadahi teman-teman yang punya niat kuat menjadi penerima beasiswa melalui program “Proofread Me”. Essays yang murni ide teman-teman akan di baca (proofread) oleh native speakers dari berbagai negara dengan background pendidikan dan pengalaman yang beragam. Berikut saya lampirkan email saya ke teman-teman native speakers dan beberapa diantara mereka sudah membalas dan sangat antusias menjadi relawan di “Proofread Me” project.

Yakinkan essay anda sudah layak di baca oleh mereka karena murni essay tersebut adalah ide anda. Proofreaders tidak akan mengganti, menambah atau mengurangi ide di essays teman-teman, mereka hanya mengoreksi pemilihan kata dan kalimat dengan makna yang sama. Saya akan menjadi perantara komunikasi antar anda dan para proofreaders anda. Semua komunikasi (pertanyaan, pengiriman essay, dan hasil akhir) melalui email: pleaseproofreadme2016@gmail.com

Semoga Proofread Me Project bisa membantu kegalauan teman-teman yang di kejar deadline beasiswa.

Sebaik-baik manusia adalah yang menebar manfaat.

Salam,
Rahmah Bakoko

6 comments

  1. Terima ksih infonya, smga dgn ini sya bsa lebh terasab dan percya diri untuk apply. Trims.

    ReplyDelete
  2. wah...pantas banyak yang kirim essay. Ternyata pengunjung blog Nanda banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Saya juga ndak nyadar ini blog banyak pengunjungnya :)

      Delete
  3. Salam mba,

    Saya Eva. Pengen coba apply fulbright master tahun depan. Sudah buat personal statement dan study objective dan alhamdulillah nemu blog ini. Jadi pengen ikutan di proofreading juga esay saya biar lebih akademis hehhe..

    Terima kasih mba😊

    ReplyDelete
  4. Masya Allah, keren sampai akhirat in project kak kak. Aamiin Yaa rabbal 'Alamiin.

    ReplyDelete